Rabu, 30 November 2011

asal dari siti hajar sebenarnya

Menurut kaian geneologi menurut ini, Nabi Ibrahim ( Abram/Abraham ) mempunyai 3 orang istri, yaitu sarah, hajar dan yang terakhir keturah. sarah telah melahirkan isaac mana kala hajar ( hagar ) pula melahirkan ismail. keturah melahirkan 6 orang anak yaitu, Zimran,Jokshan,Medan,Midian,Ishbak,dan Shuah.



Nabi ishak menurunkan bangsa yahudi manakala nabi Ismael menurunkan bangsa Arab. kebanyakan teks2 Judeo kristian maupun islam banyak menceritakan kedua-dua orang istri nabi Abraham ini tetapi lain pula keturah, istri bungsu nabi Abraham. sarah mempunyai pertalian saudara dengan nabi Abraham diketahui jelas berasal dari tanah Kanaan yaitu tempat Abraham tinggal. mana kala Hagar berasal dari di Raja Firaun mesir. namun mayoritas teks2 yahudi dan kristian mendefinisikan keturah sebagai ' Unknown nationality ' personalnya,



Perlu diingat, rabbi2 yahudi telah membeza2kan taraf istri2 nabi Ibrahim ( Abraham ) dimana hanya sarah saja di sebut sebagai istri (Wife) manakala hajar dan keturah di sebut Gundik ( concubine ). kita boleh lihat dalam perjanjian lama (Taurat) dan perjanjian baru (Injil), dimana mereka telah merubah tafsiran istri2 nabi Ibrahim (Abraham). sesungguhnya Abraham selaku rasul allah yang teramat alim dan warak tidak pernah membeza2kan istrinya, meskipun didalam pristiwa mengantar siti hajar dan ismail ke lembah gersang di Mekah.betapa pilu dan hancur hatinya melihat istri dan anaknya yang masih kecil terdampar di padang pasir yang panas.namun perintah tu[h]an tetap dilaksanakan mengingat tanah yang di pijak ismail ketika itu adalah rumah tu[h]an yang akan dibangunkannya bersama anaknya ismail kelak.



Walhal pada asalnya siti sarah adalah wanita yang mandul, sebelum Allah Swtsebelum allh mengaruniakan nabi ishak kepadanya pada saat usia yang terlampau tua.sebab itulah siti sarah bersikeras mengnikahkan siti hajar (yang disangka hamba perempuan fir'aun) dengan suaminya bagi meneruskan keturunan. bukan saja di sebut Gundik. siti hajar dikatakan hamba fir'aun manakala sumberlain pula menyatakan ' Gundik fir'aun '.padahal siti hajar adalah PUTRI FIRAUN yang di serahkan kepada nabi Ibrahim (Abraham) untuk menebus rasa bersalah firaun ketika itu yang ingin memperkosa siti sarah semasa nabi Ibrahim (Abraham) di dalam tahanannya. perbuatannya tertahan aneh berkat do'a nabi Ibrahim (Abraham).



Dari situ barulah firaun sadar bahwa Abraham bukanlah orang sembarangan dan mungkin berasal dari orang suci yang harus di hormati. akibat rasa bersalah yang teramat sangat, maka bukan saja firaun membebaskan kedua2nya malah membekalkan mereka dengan seorang perempuan muda yang tertutup wajahnya sebagai 'kifarat' dan hadia kepada Abraham.



Rahasia perempuan muda itu terbongkar ketika perjalanan pulang dimana Abraham membuka tutup kepala perempuan itu sambil bertanya asal usulnya yang pada awalnya di sangka seorang hamba firaun yang dihadiakan kepada mereka.alangkah terkejutnya Abraham dan siti Sarah bila mendengar pengakuan dari perempuan itu bahwa dia adalah anak perempuan firaun bertaraf putri diraja '(bukan Gundik atau selir yang di bicarakan banyak orang)'



Tersentuh hati Abraham sambil mengucapkan syukur kepada allah Swt yang sememangnya berkhendak menjaga keturunannya sebaik-baiknya. jadi keturunan Ismail yang turun kepada nabi Muhammad adalah keturunan diraja dari empayer agung firaun yang pengaruhnya melewati Anatolia dan Kanaan ketika itu (firaun ini/MENES dinasti I berbeda dengan firaun di zaman nabi Musa karna firaun ini hidup lebih lama dari Ramses II karna sejaman dengan Abraham).

3 komentar:

  1. masih ada satu lg....asal muasal keturah gimana. kok delewatin.
    tlng krm ke email sy...robbinhood03@gmail.com
    syukron

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas komentar dan masukannya dari kalian semua matur nuhun.

    BalasHapus